Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja DNS (Domain Name System)

Pengertian dan Fungsi DNS (Domain Name System) Server - Minggu server nih sobat Simultan, kali ini admin +Hardiyan Kesuma akan membagikan ilmu mengenai salah satu bagian dari server yang perannya dewasa ini sangat vital, yaitu DNS server. Pastinya penasaran kan mengenai DNS server ini? Oke, langsung aja nih admin beri materi tentang DNS Server ...

Pengertian DNS (Domain Name System)
Sebuah sistem yang menyimpan nama host maupun nama domain yang tersebar dalam jaringan komputer. Jadi dengan dns ini kita tidak perlu repot-repot menghafalkan ip address facebook atau twitter, cukup dengan mengetik dns nya saja di browser.

DNS (Domain Name System)

Cara Kerja DNS (Domain Name System)
Berikut akan admin jelaskan secara mudah Cara Kerja dari DNS server :
  1. Pada komputer client dengan bantuan browser membuka alamat google.com, nantinya sebuah aplikasi host yang bernama resolver akan mengakses domain system tersebut. Resolver akan menghubungi DNS server, yang disebut name server.
  2. Name server nantinya akan mengecek apakah domain dengan alamat google.com ada di database, bila tidak ditemukan makan akan di redirect ke name server root server.
  3. Bila database ditemukan, client nantinya bisa terhubung ke domain google.com yang direquest client tadi via browser.
Cara Kerja DNS (Domain Name System)

Sedikit penjelasan tentang domain, domain teratas adalah root. Dewasa ini sudah banyak TLD (Top Domain Level) beredar. Apa sih itu TLD? domain yang tidak bergantung pada hosting server lain, misal pada blogspot. jadi misal admin mempunyai blog dengan domain http://hardiyankesuma.blogspot.com/ nantinya bisa menjadi http://hardiyankesuma.com bila admin mengganti domain menjadi TLD. Tentunya ada harga tersendiri dong, sobat bisa membeli domain via dewaweb atau rumah hosting.

Butuh File PDF "Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja DNS (Domain Name System) "?
Download aja lewat link berikut ...

Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja DNS (Domain Name System)

0 Response to "Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja DNS (Domain Name System) "

Post a Comment